Perbedaan ”We, Our, Us, Ours dan Ourselves” dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris

handphone
Contoh penggunaan Ours dalam kalimat bahasa Inggris

Ketika kamu akan menulis, tentu kamu harus tahu tentang komponen-komponen suatu kalimat. Sama halnya dengan bahasa Indonesia, kamu harus mengetahui tentang part of speech terlebih dahulu sebelum membuat kalimat bahasa Inggris. Noun (kata benda), pronoun (kata ganti), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), conjunction (kata sambung), preposition (kata depan) dan interjection (kata seru) merupakan katerogi part of speech yang perlu kalian pahami. Namun, sekarang, kita akan fokus membahas pronoun.

Apa si pronoun itu? Yep, benar. Pronoun adalah kata ganti. Ketika menulis nama orang, kita perlu menggunakan kata ganti untuk orang yang telah kita sebut. Kata Melia, contohnya, akan diganti oleh dia (bahasa Indonesia) atau she (dalam bahasa Inggris). Masih banyak kata ganti lain dalam bahasa Inggris seperti he, it, I, you, we, they. Okay, kali ini kita akan belajar tentang pronoun we. Lalu bagaimana pronoun yang lainnya? Akan kita bahasa lain kali ya? Well, sama seperti pronoun yang lain, we masih dibedakan menjadi our, us, ours dan ourselves. Lalu, apa perbedaannya? Mari kita bahas.

Makna Kalimat

Sebenarnya kata ganti we, our, us, ours dan ourselves memiliki makna yang sama, yaitu kami atau kita (plural, jamak). Namun, tiap pronoun tersebut berbeda kedudukan dan penggunaannya. We termasuk dalam subject, our memiliki kedudukan sebagaipossessive adjective, us adalah object. Kedudukan possessive pronoun diisi oleh ours dan reflexive oleh ourselves. Untuk penjelasan lebih lanjut, ayo kita pelajari penggunaan-nya.

Contoh Penggunaan “We”

We di dalam pronoun berkedudukan sebagai subject. Dalam kalimat, biasanya subject terletak pada awal dan merupakan kata pertama yang ditulis kecuali dalam model kalimat pertanyaan.

Contoh:

  • We weren't married in church, but we had a civil ceremony in a registry office. (Kita tidak menikah digereja melainkan di KUA).
  • We live in a world called earth where every human being has his or her own characteristics.(kita tinggal dibumi dimana tiap orang memiliki sifat yang berbeda).

Kalimat tersebut diatas sudah tidak asing bukan? Yep, kita memakainya setiap kita akan membuat kalimat. Kata ganti we terletak paling awal didalam sebuah kalimat. Biasanya pronoun we akan diikuti oleh verb (kata kerja) dalam berbagai tenses (baik present, past, continuous atau future).

  • Could we just go home without answering your question?(tidakkah kita bisa pulang tanpa menjawab pertanyaan darimu?)

Kata we terkadang tidak menjadi awal kata jika kalimat yang akan ditulis berupa pertanyaan. We akan digunakan setelah questionseperti contoh di atas (can).

Contoh Penggunaan “Our”

Kata our tidak bisa berdiri sendiri tanpa noun (kata benda). Our termasuk possessive adjective dimana noun yang kamu gunakan adalah milik pronoun our.

Contoh:

  • We lost our books in the library without mentioning it. (kita kehilangan buku milik kita diperpustakaan tanpa kita sadari).
  • The police stopped us and checked our bags whether or not there is alcohol and cigarette. (Pak polisi menyuruh kita berhenti dan mengecek tas milik kita apakah ada alcohol dan rokok atau tidak).
  • Are those our novels? (bukankah itu novel milik kita?)

Perhatikan pronoun our di pilihan soal nomor 1, 2 dan 3. Yep, di ketiga pilihan kalimat, kata ganti our selalu diikuti oleh noun (kata benda).

Contoh Penggunaan “Us”

Kata us didalam kalimat selalu berkedudukan sebagai object. Biasanya pronoun us selalu diikuti verb (kata kerja) atau preposisi sebelum atau sesudah pronoun itu sendiri.

Contoh:

  • Thank you for driving us to the school. (terima kasih telah mengantarkan kita ke sekolah).
  • Many of us in the university disagree with the changes that are happening. (kebanyakan dari kita di kampus, menolak perubahan yang sedang terjadi).

Dalam soal nomor satu, terdapat kata kerja (verb) sebelum kata ganti us sedangkan pada nomor 2 pronoun us diikuti oleh preposisi. Didalam kedua kalimat ini, us tetap berfungsi sebagai subject.

Contoh Penggunaan “Ours”

Kata ours hamper sama dengan our. Mereka merupakan possessive. Namun, our merupakan possessive adjective sedangkan ours adalah possessive pronoun.

Contoh:

  • Which phone is ours? (Hp mana yang milik kita?)
  • She's a cousin of ours. (dia sepupu kita).
  • Ours is the white car parked over there (milik kita yaitu mobil putih diparkir disana).

Dari ketiga contoh kalimat diatas, dapat diketahui bahwa pronoun ours biasanya diikuti oleh linking verb (to be) dan preposisi of.

Contoh Penggunaan “Ourselves”

Kata ourselves merupakan kata ganti yang berkedudukan sebagai reflexive. Biasanya digunakan utuk penekanan pada subject, bermakna sendirian, atau sebagai object ketika subject dan object-nya sama.

Contoh:

  • We ourselves did our housework last night. (kita, kita sendiri, mengerjakan pekerjaan rumah kita kemarin malam).
  • We go to school by ourselves (kita pergi kesekolah sendiri).
  • We love ourselves. (kita mencintai diri kita).

Kalimat nomor satu merupakan reflexive yang digunakan untuk penekanan pada subject. Pilihan kalimat nomor dua bermakna sendirian sedangkan kalimat terakhir sebagai object.

Sekian penjelasan tentang perbedaan kosa kata bahasa inggris we, our, us, ours dan ourselves. Semoga bermanfaat.

Category: Pronoun