Perbedaan dan Penggunaan ”Which vs That” dalam Bahasa Inggris

papan kayu
perbedaan Which vs That

Apakah anda termasuk orang yang bingung dengan pemakaian kata “which” dan “that” dalam bahasa inggris? Saat ini memang masih banyak orang yang keliru dengan penggunaan kata “which” dan “that” baik ketika melakukan percakapan sehari-hari atau speaking maupun ketika menulis/writing.

Artikel ini membahas sedikit tentang perbedaan dan penggunaan which dan that dalam bahasa inggris disertai dengan contoh kalimat dan artinya. Pertama-tama, kita perlu mengetahui tentang apa itu kata which dan that serta bagaimana penggunaan yang benar di dalam suatu kalimat. Kata which dan that merupakan salah satu contoh dari kata ganti atau dalam bahasa inggris yang dikenal dengan pronoun. Pronoun sendiri memiliki beberapa macam dimana salah satu diantaranya adalah relative pronoun yang merupakan kata ganti yang memiliki fungsi menggabungkan kalimat dan menerangkan noun/kata benda. Kata “which” dan “that” memiliki arti yang sama yaitu “yang”. Kata ganti penghubung “which” dan “that” ini menggabungkan induk kalimat dan anak kalimat. Berikut ini merupakan perbedaan dan penggunaannya dalam bahasa inggris disertai dengan contoh kalimat dan artinya:

Penggunaan kata “which”:

Kata “which” hanya digunakan untuk mengganti kata benda dan tidak dapat digunakan untuk mengganti manusia misalnya meja, kucing, awan, dan sebagainya

  • The bag is very small. It is mine. The bag which is very small is mine. (Tas yang sangat besar itu adalah milikku).
  • The shoes is black. It is very expensive. The shoes which is black is very expensive (sepatu yang berwarna hitam itu sangatlah mahal).
  • The motorcycle which is new is fandy’s (Motor yang baru itu adalah milik Fandy).

Adapun pola penggunaan kata “which” dalam adjective clause adalah Which + Verb + ..... (jika “which” digunakan untuk menggantikan subjek kalimat yaitu Which + subject + verb+.... (kata ‘which”menggantikan objek kalimat).. Jika kata benda yang digantikannya adalah singular dan tidak dapat dihitung atau uncountable, maka kata kerja yang mengikuti “which” adalah juga bersifat singular dan jika kata benda yang digantikannya bersifat plural, maka kata kerja yang mengikuti “which” juga bersifat plural.

Penggunaan kata “that”

Kata “that” dapat digunakan tidak hanya untuk manusia, tapi juga untuk benda

  • The woman that has a long hair is my auntie, (Wanita yang berambut panjang itu adalah bibiku).
  • The house that is very big is my cousin’s house (Rumah yang besar itu adalah rumah milik sepupuku).
  • The white horse is very beautiful. It is my father’s horse. The white horse that is very beautiful is my father’s horse. (Kuda putih yang sangat cantik itu adalah kuda ayahku).

Kata “that” bersifat netral sehingga dapat menggantikan “who”, “whom”, bahkan “which”

  • The person who was calling last night was my best friend. The person that was calling last night was my best friend. (Orang yang menelpon semalam adalah sahabat karibku).
  • The girl whom you introduce to me is my friend (Perempuan yang kamu perkenalkan kepada saya adalah teman saya)..
  • The book which is brought by my mother is the thick one (Buku yang dibawakan oleh ibu adalah buku yang tebal).

Jadi, penggunaan kata ganti penghubung “which” dan “that” perlu untuk dipahami agar tidak terjadi kekeliruan dalam menyusun ataupun membuat suatu kalimat yang tepat.

Category: Pronoun