Penjelasan Lengkap Cara Menggunakan 'He, His, Him dan Himself' dalam Bahasa Inggris

penjelajah
Contoh Penggunaan "he" dalam Bahasa Inggris

Dalam menggunakan bahasa Inggris tentunya kita tidak dapat lepas dari penggunaan kata ganti “he, his, him, himself”. Kata ini kerap digunakan diberbagai kalimat dan teks dan memang cukup sering muncul, hingga terkadang dapat membuat para pengguna bahasa Inggris pemula tidak tepat dalam menggunakannya. Untuk penjelasan lengkap cara menggunakan “he, his, him, himself” silahkan simak ulasan berikut.

Ke empat kata ini “he, his, him, himself” memiliki part of speech atau jenis kata yang sama yakni pronoun atau kata ganti orang ketiga untuk laki-laki. Meski keempat-empatnya merupakan pronoun, namun penggunaanya akan sangat berbeda satu dengan lainnya.

Penjelasan Lengkap Cara menggunakan “He”

Kata “he” merupakan pronoun atau kata ganti orang ketiga “dia” laki-laki dalam bahasa Indonesia. kata ini digunakan untuk merujuk seorang laki-laki dewasa, anak laki-laki, ataupun terkadang untuk binatang berjenis kelamin jantan yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam kasus lain, “he” juga terkadang digunakan sebagai penyebutan seseorang yang jenis kelaminnya belum diketahui dengan pasti atau untuk mewakili sesuatu secara umum.

Contoh cara menggunakan “he” dalam Bahasa Inggris:
  • Don't ask Andrew, he won't know. (Jangan tanya Andrew, Dia tak akan tahu.)
  • There's no need to be frightened - he's a very friendly dog. (Taka da yang perlu ditakutkan, dia anjing yang sangat ramah.)
  • The modern traveller can go where he likes. (Para pelancong modern bisa pergi kemanapun dia suka.)

Penjelasan Lengkap Cara menggunakan “His”

Kata “his” merupakan kata ganti yang digunakan untuk menyatakan jika sesuatu tersebut milik atau terhubung dengan seseorang (laki-laki) yang telah disebutkan sebelumnya atau dikenal dengan istilah possessive pronoun untuk laki-laki.

Contoh cara menggunakan “his” dalam Bahasa Inggris:
  • Joni clicked his fingers to attract the waiter's attention. (Joni menjentikkan jarinya untuk menarik perhatian si pelayan.)
  • The officer commanded his men to shoot. (Pertugas tersebut memerintahkan para anak buahnya untuk menembak.)
  • I don't know how he can afford a new car on his salary. (Aku tak tahu bagaimana caranya dia bisa membeli mobil baru dari gajinya.)

Penjelasan Lengkap Cara menggunakan “Him”

“Him” merupakan kata ganti yang digunakan pada umumnya setelah kata kerja atau preposisi, untuk merujuk pada seseorang yang telah disebutkan tersebut.

Contoh cara menggunakan “him”:
  • If you see Kevin give him my love. (Jika kau bertemu Kevin sampaikan salamku padanya.)
  • We've just got a new cat, but we haven't named him yet. (Kita baru saja dapat kucing beru, tapi kita belum menamainya.)
  • If I criticize him, he gets aggressive and starts shouting. (Jika aku mengkritiknya, dia jadi agresif dan mulai berteriak.)

Penjelasan Lengkap Cara menggunakan “Himself”

Kata “himself” digunakan sebagai kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada objek yang melakukannya, yang juga merupakan orang yang sama dengan subyek. Kata ini juga digunakan untuk menunjukkan perhatian yang lebih pada objek yang dituju.

Contoh cara menggunakan “himself”:
  • How can he afford to buy himself a brand new car? (Bagaimana dia sanggup untuk membeli sendiri sebuah mobil baru.)
  • Most nights he would cry himself to sleep. (Hampir setiap malam dia menangisinya sendiri hingga tidur.)
  • Did you want to talk to the chairman himself, or could his personal assistant help you? (Apa kau mau berbicara pada pimpinan sendiri, atau dapatkah asisten pribadinya membantumu?)
  • Ted was going to buy a bookcase, but in the end he made one himself. (Ted mulanya akan membeli sebuah rak buku, namun pada akhirnya dia membuatnya sendiri.)

Category: Pronoun