Pengertian Perbedaan dan Contoh Failure, Error, Defect, Mistake, Wrong dalam Bahasa Inggris

Tgl Diperbaharui: 31 Dec 2016
Kategori: Noun
menyesal
Contoh penggunaan ’Mistake’ dalam sebuah kalimat

Dalam belajar bahasa inggris tentu kita sering mendengar kata-kata seperti failure, error, defect, mistake dan wrong. Meski kata-kata tersebut sangat familiar namun sering kali kita kebingungan untuk menggunakannya, karena jika dilihat dari segi makna kata-kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Lantas apa pengertian dan perbedaan dari kelima kata tersebut? Untuk lebih jelasnya anda  bisa menyimak ulasan berikut ini:

Penggunaan failure

Di dalam bahasa inggris kata failure ini diartikan kegagalan. Jadi kata ini digunakan untuk mengekspresikan sebuah system atau rencana yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini bisa terjadi karena kesalahan langkah dan proses dalam melakukan sebuah tindakan atau kegiatan.

  • Contoh penggunaan failure: the application is failure to install in computer because the data is damage. (aplikasinya gagal untuk dipasang dikomputer karena datanya rusak).

Penggunaan error

Kata eror jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya adalah kesalahan atau beberapa hasilnya tidak benar.

  • Contoh penggunaan failure: the calculator is error because the result of the calculation is false (kakulatornya bermasalah karena hasil perhitungannya salah)

Maksud dari contoh di atas adalah ketika seseorang sedang menghitung angka menggunakan kalkulator. Namun ternyata hasilnya tidak benar karena kesalahan dalam menggunakan rumus atau algoritma. Jadi hasil tersebut dikatakan eror karena hasilnya tidak benar atau tidak sesuai dengan hasil aslinya.  Bisa juga dikarenakan kalkulatornya yang bermasalah dari sisi mesinnya.

Penggunaan defect

Kata defect diartikan cacat, yaitu cacat atau ketidak sempurna sebuah produk atau benda. Misal ketika anda membeli pemanas air, semua sistemnya bisa berjalan sesuai harapan, namun pada bagian penutupnya ternyata rusak sehingga tidak bisa ditutup. Inilah yang dikatakan sebuah barang mengalami kecacatan.

  • Contoh penggunaan defect: the dispenser is defect because can to warm the water quickly, but the casing can’t be close (dispensernya cacar karena bisa memanaskan air dengan cepat, namun penutupnya tidak bisa menutup).

Penggunaan mistake

Kata mistake diartikan kekeliruan. Biasanya kekeliruan ini disebabkan oleh manusia baik yang disengaja maupun tidak.

  • Contoh penggunaan mistake: sorry for my mistake, i have come late (maafkan kesalahanku, aku telah datang terlambat).

Penggunaan wrong

Wrong diartikan salah. Jadi ketika anda mengerjakan atau melakukan sesuatu dan hasilnya tidak tepat sesuai ketentuan yang berlaku maka hasil itu dikatakan wrong/salah.

  • Contoh penggunaan wrong: the answer of number four is wrong, the right answer is b (jawaban nomer 4 salah, jawaban yang benar adalah b)

Itulah beberapa pengertian, perbedaan dan contoh penggunaan penggunaan failure, error, defect, mistake dan wrong dalam bahasa inggris. Pastikan anda bisa membedakan dan menggunakan kelima kata tersebut dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan makna.