Merah Padam dalam Istilah Bahasa Inggris dan Contohnya

 
malu

Tubuh biasanya memiliki gesture yang khas dan sesuai dengan perasaan maupun dengan apa yang dipikirkan. Misalnya saja saat marah maka mata akan secara otomatis terbelalak. Begitupun saat malu, maka air muka akan berubah menjadi merah padam. Istilah 'merah padam' dalam bahasa Indonesia memiliki arti malu yang amat sangat. Saat merasa sangat malu, maka warna wajah seseorang  akan menjadi merah. Maka untuk mendeskripsikan seseorang yang merasa sangat malu digunakanlah istilah 'merah padam'. Berikut contohnya dalam kalimat:

Ketika ketahuan kentut dikelas saat pelajaran berlangsung, Wajah Yudha menjadi merah padam dan semua orang menertawakannya.

Raut muka bersifat universal yang artinya darimanapun asal kita selama kita adalah manusia maka biasanya tubuh akan memberikan sinyal saat terjadi sesuatu pada perasaan. Didunia manapun seseorang akan merah padam jika merasa sangat malu. Untuk menggunakan istilah merah padam dalam bahasa Inggris, kita bisa menggunakan istilah 'as red as a turkey cock'. Turkey cock atau ayam turkey jantan memiliki warna yang sangat merah. Maka digunakanlah idiom tersebut untuk mendeskripsikan seseorang yang sedang berada dalam kondisi yang sangat malu. Berikut beberapa contoh dalam kalimat bahasa Inggris:

  • His face turns as red as a turkey cock when he's caught eating snacks during meeting. Everybody stares at him.
    (Wajahnya berubah menjadi merah padam ketika dia ketahuan makan cemilan selama rapat berlangsung. Semua orang diruangan menatapnya.)
  • A: Are you ok? What happen to your face? It is as red as a turkey cock.
    B: I just met Rio. He's the most famous student in my school and he just greated me.

Artinya:

  • A: Kamu baik-baik saja? Apa yang terjadi dengan wajahmu? Wajahmu merah padam.
    B: Aku baru saja bertemu Rio. Dia murid yang paling terkenal di sekolah dan dia baru saja menyapaku.
  • My face was as red as a turkey cock yesterday. I was so embarrassed because I was the only one who didn't bring the book.
    (Wajahku merah padam kemarin. Aku sangat malu karena menjadi satu-satunya yang tidak membawa buku.)