Macam-macam “Number” dalam Bahasa Inggris Beserta Cara Penggunaannya

 

number

Hai Sobat! Bagaimana belajar bahasa Inggrisnya, lancarkan? Semoga saja ya. Nah, pada kesempatan ini kita akan berbagi pengetahuan tentang cara menggunakan “number” dalam bahasa Inggris. Sobat, banyak diantara kita yang ternyata belum memahami jenis-jenis number dalam bahasa Inggris serta fungsi dan penggunaannya.

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang cara menggunakan “number” dalam bahasa Inggris, ada baiknya kita membahas pengertian number serta jenis-jenisnya. Number sebernarnya adalah angka atau bilangan. Kedua hal ini kemudian dibedakan penggunaannya di dalam bahasa Inggris. Jangan sampai salah, number bukanlah alphabet! Sobat, tahukah kalian ternayata di dalam bahasa Inggris terdapat 3 jenis number! jenis-jenis number ini termasuk cardinal numberordinal number, danfraction.

Cardinal Number

Jenis number yang satu ini adalah bilangan hitungan. Biasanya cardinal number digunakan dalam penyebutan ukuran, jumlah, berat, tinggi, harga, umur, waktu, dan lainya. Sebagai contoh, “one, two, three, four, five, dan seterusnya”. Nah, cardinal numberdigunakan dalam beberapa situasi, misalnya saya pada saat menanyakan umur seseorang, tentang suatu jarak, harga, ataupun waktu. Contoh kalimat:

  1. How old is Desta?
    He is 20 years old.
  2. How far is your campus from here?
    It’s about 5 kilometers away.
  3. How much is this book?
    It’s 65,000 rupiahs.
  4. What time is it now?
    It’s 5 o’clock.

Pada contoh kalimat di atas, pengucapan numbers sama dengan ketika kita menghitung angka seperti biasanya, twenty years old, five kilometers away, sixty five thousands rupiahs, dan five o’clock. Namun, perlu diingat bahwa penulisan harga di dalam bahasa Inggris tidaklah sama dengan bahasa Indonesia. Dalam hal bahasa Inggris kita menggunakan koma (,) sebagai pemisah angka dan bilangan, sementara dalam bahasa Indonesia kita menggunakan titik (.). Lalu ada juga yang perlu dicatat, yaitu mengenai pengucapan waktu. Jika Sobat menemukan penulisan waktu “1:15”, maka pengucapan yang tepat adalah fifteen (minutes)atau a quarter past one. Akan tetapi, Sobat dapat juga mengucapkannya dengan lebih sederhana seperti one fifteen.

Bagaimana? Tidak sulit bukan memahami number dalam bahasa Inggris? Tentu saja!

Ordinal Number

Baiklah, mari kita lanjut ke bahasan selanjutnya, yaitu ordinal number. Apakah ordinal number itu? Di dalam bahasa Inggris jenis number yang satu ini digunakan untuk menyatakan urutan angka. Maksudnya, ordinal number biasa digunakan untuk menyebutkan posisi seseorang atau benda. Sebagai contoh di dalam bahasa Indonesia ordinal number biasanya diucapkan dengan yang ke-1, ke-2, dan seterusnya. Nah jenis number ini biasanya digunakan ketika kita hendak menyebutkan tanggal dalam bahasa Inggris. Contoh ordinal number adalah, “first, second, third, fourth, fifth, sixth, seventh, eighth, ninth, tenth, dan seterusnya. Dengan kata lain, pengucapan serta penulisan ordinal number selalu diikuti dengan “th”, terkecuali first, second,dan third. Berikut cara penggunaan ordinal number:

  1. April is the first in her family.
    Artinya: April anak pertama/ke-1 di keluarga.
  2. October 27, 2016. (October the twenty seventh, two thousand sixteenatau the twenty seventh of October, two thousand sixteen).
    Jika diperhatikan dengan seksama, penulisan ordinal number selalui diawalli dengan “the”. Lalu bagaimana cara penggunaannya di dalam kalimat? Sobat bisa memulai dengan berlatih menyanyakan hari kelahiran:
  3. When were you born?
    I was born on April 14, 1985.
    (I was born on April fourteenth, nineteen eighty five).

Wah, Sobat, ternyata mudah sekali ya memahami ordinal number. Sobat dapat segera berlatih sendiri ataupun berlatih bersama.

Fraction

Baiklah, bahsan selanjutnya dalam cara menggunakan “number” dalam bahasa Inggris adalah fraction. Apakah Sobat penasaran dengan pengertian fraction serta cara penggunaannya dalam kalimat? Ataukah di antara Sobat sekalian sudah ada yang tahu tentang jenis number yang satu ini? Jika ya, maka tidak ada salahnya kita membahas ulang fraction agar kita lebih paham dan tidak mudah lupa.

Dalam bahasa Inggris, fraction merupakan bilangan pecahan. Nah, jenis number ini dibagi menjadi 2, yaitu ordinal fraction dandecimal fraction. Sebagai contoh, dalam ordinal fraction atau disebut juga pecahan biasa, maka pembilang harus dibaca dengancardinal number. Sementara itu, penyebut diucapkan dengan ordinal number, misalnya:

  1. 1/4 disebut dengan one forthatau a quarter.
    Di dalam kalimat: I need one forth of sugar.
  2. 2/5 disebut dengan two fifth.
    Di dalam kalimat: You must share two fifth of your part.

Dalam fraction, terdapat juga penulisan serta pengucapan bilangan desimal, contohnya saja ketika kita mengucapkan 5.25. Cara pengucapan angka tersebut adalah five point (koma) two five bukan five point twenty five. Jika digunakan dalam kalimat maka contohnya adalah, “Mary just got 8.25 in Math” atau “Mary just got eight point two five in math”.

Nah, itu saja cara menggunakan number dalam bahasa Inggris yang bisa Sobat gunakan baik dalam penulisan maupun pengucapan. Jadi, tunggu apalagi segeralah berlatih!

Baca juga :