Macam Macam Cara Menawarkan Pilihan dalam Bahasa Inggris

teh
Salah satu contoh kalimat menawarkan pilihan dalam bahasa Inggris

Pernahkah Anda menawarkan sesuatu kepada seseorang? Pastinya pernah bukan? Menawarkan dan ditawarkan sesuatu oleh seseorang adalah hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beragam cara yang dapat dilakukan untuk menawarkan suatu hal/produk kepada oranglain. Dengan cara yang tepat, Anda dapat membuat orang lain menerima tawaran Anda dengan mulus. Pada artikel yang satu ini, akan dibahas mengenai macam-macam cara menawarkan pilihan dalam Bahasa Inggris.

Would you like/love……

Kata “Would you like/love…….” memiliki arti “Maukah Anda……….”. Kata penawaran yang satu ini terdengar cukup sopan untuk situasi semi-formal, tapi juga cocok untuk diucapkan dalam situasi yang lebih santai. Kata ini adalah yang paling sering diucapkan ketika Anda hendak menawarkan sesuatu kepada seseorang.

Contoh:

  • Would you like some tea?
    Maukah Anda secangkir teh?
  • Would you love a newspaper to read?
    Apakah Anda menginginkan koran untuk dibaca?

Do you want……?

Kata “Do you want……..?” memiliki arti “Apa kau mau……..?”. Yang satu ini terkesan lebih informal bila dibandingkan dengan kata yang sebelumnya. Kata “Do you want……..?” lebih cocok untuk diucapkan kepada teman dekat, anggota keluarga atau orang-orang yang sudah akrab dengan Anda.

Contoh:

  • Do you want to watch horror movie?
    Apa kau mau menonton film horror?
  • Do you want some popcorn while watching?
    Apa kau mau makan popcorn sambil nonton film?

Would you care for……….?

Kata “Would you care for………..?” memiliki arti “Apakah Anda menginginkan……….?”. Kata yang satu ini terkesan sangat formal. Sering dipergunakan dalam percakapan di bidang usaha jasa seperti misalnya hotel restoran, dan lain-lain.

Contoh:

  • Would you care for some cake, Miss?
    Apakah Anda menginginkan kue, Nona?
  • Would you care for a cup of coffee, Sir?
    Apakah Anda menginginkan kopi Tuan?

Do you fancy…………?

Kata “Do you fancy…………..?” memiliki arti “Apakah kau menyukai…………?”. Dipergunakan dalam situasi non-formal untuk menawarkan sesuatu kepada seseorang yang sudah dekat/akrab. Akan tetapi kata yang satu ini lebih sering dipergunakan oleh di Inggris daripada di Amerika atau daerah berbahasa Inggris lainnya.

Contoh:

  • Do you fancy a doll?
    Apakah kau menyukai boneka?
  • Do you fancy the house?
    Apakah kau menyukai rumah itu?

How about……….?

Salah satu cara lain untuk menawarkan sesuatu dalam situasi non-formal adalah dengan mengucapkan “How about…….?” Yang artinya adalah “Bagaimana kalau……………..?”. Cara yang satu ini adalah yang paling umum dipergunakan karena singkat, padat, dan terkesan lebih sederhana.

Contoh:

  • How about going to visit Grandpa?
    Bagaimana kalau kita pergi mengunjungi Kakek?
  • How about sleeping earlier for today?
    Bagaimana kalau kita tidur lebih awal untuk hari ini?

Can I get you………?

Kata “Can I get you………?” memiliki makna “Apakah perlu saya ambilkan………..?” Sebenarnya kata ini lebih cocok untuk dipergunakan dalam restoran, atau sesuatu yang berhubungan dengan menawarkan produk berupa makanan atau minuman.

Contoh:

  • Can I get you some herb tea?
    Apakah perlu saya ambilkan teh herbal?
  • Can I get you some pillow?
    Apakah perlu saya ambilkan bantal?

What can I do for you?

Kata “What can I do for you?” lebih merujuk kepada tawaran berupa bantuan daripada barang ataupun uang. Memiliki kesan yang cukup formal dan sering dipergunakan dalam hotel atau usaha jasa lainnya. Memiliki arti “Apa ada yang bisa saya bantu?”

Category: Conversation