Kumpulan Idiom dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

 
tersenyum
Contoh penggunaan Idiom dalam kalimat bahasa Inggris

Apakah anda sedang mencari referensi tentang idiom dan saat ini sedang bingung mengenai seperti apakah idiom tersebut? Idiom merupakan salah satu dari gaya bahasa yang digunakan sehari-hari berupa ungkapan kata, ekspresi, maupun frasa (gabungan kata) yang memiliki makna kiasan. Saat ini, penggunaan idiom tidak dapat disepelekan karena secara umun, percakapan kita sehari-hari telah mengandung idiom. Tidak terkecuali dengan Bahasa Inggris. Para native speaker sering menggunaan idiom dalam percakapan mereka sehari-hari. Selain itu, idiom banyak dijumpai di dalam soal-soal listening, reading, maupun structure.

Makna idiom dapat dipahami jika kata-kata yang menyusun idiom tersebut tidak diartikan secara terpisah atau per kata tetapi menyeluruh. Selain itu, untuk betul-betul memahami makna kata tersebut, anda perlu memperhatikan makna konteks kalimat yang mengikutinya. Dalam bahasa indonesia, banyak contoh idiom yang sering kita jumpai yaitu meja hijau, membanting tulang, adu domba, lapang dada, darah daging, bermulut besar, dan masih banyak lagi. Ternyata, idiom memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Memperhalus makna ucapan. Dalam idiom bahasa Inggris, orang-orang lebih memilih menggunakan kata “passed away” daripada “dead” dimana keduanya memiliki arti yang sama yaitu ”meninggal”.
  2. Memiliki makna berlebihan. “She has deep pockets, that is why she can buy many things”. Kata “Deep pocket” bermakna “banyak uang” dan buka berarti bahwa perempuan tersebut dapat membeli banyak barang karena kantongnya yang berukuran dalam.
  3. Mempersingkat ucapan. “She passes the time by reading a book”. Kata “pass the time” tersebut bermakna “mengisi waktu senggang”.

Dalam bahasa Inggris, ada lebih dari ribuan ungkapan idiom. Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaan idiom dalam Bahasa Inggris beserta artinya:

  • Solving mathematics is as easy as pie for me (menyelesaikan matematika sangatlah mudah untukku).
  • Please enlighten me, i am all ears. (Tolong jelaskan kepada saya, saya tertarik untuk mendengarnya).
  • She is fed up with him (wanita itu lelah dengannya).
  • He is a bull-headed. (Dia orang yang keras kepala).
  • Please call at my house when you are not busy (Tolong mampirlah ke rumahku ketika kamu sedang tidak sibuk).
  • She always calls on the nursing home every week (Dia selalu mengunjungi panti jompo setiap minggu).
  • Our group will pay a visit to Gili Trawangan next month (Kelompok kami akan berkunjung ke Gili Trawangan bulan depan).
  • It was rain cats and dogs yesterday, that was why i didn’t come (Hujan turun lebat sekali kemarin, itulah kenapa saya tidak datang).
  • She runs into debt with a loan shark (Dia mempunyai utang dengan seorang rentenir).
  • We run out of sugar. Please go to supermarket and buy some (Kita kehabisan gula. Tolong pergilah ke supermarket dan belilah beberapa).
  • She sits close up to ther best friend in the classroom (Dia duduk dekat dengan sahabatnya di dalam ruang kelas).
  • He is not well because he was bitting off more than he could chew (Dia sedang tidak sehat karena mengambil tanggung jawab melebihi kesanggupannya).
  • She can succeed right now because she had been brought up well by her parent (Dia dapat berhasil saat ini karena dia dididik dengan baik oleh orang tuanya).
  • When my parents out of town, my auntie looks after me (Ketika orang tuaku keluar kota, bibiku yang mengurusku).

Daftar Idioms Bahasa Inggris

Berikut adalah daftar idiom yang populer yang ada dalam Bahasa Inggris. Silahkan lanjutkan ke halaman berikutnya.

Jadi, penggunaan idiom sebenarnya sudah sering kita jumpai dalam percakapan sehari-hari. Hal ini membuat idiom menjadi salah satu gaya bahasa yang cukup penting untuk dipelajari. Semoga beberapa contoh penggunaan idiom dalam bahasa Inggris tersebut bermanfaat bagi anda yang sedang mencari referensi terkait idiom dan contoh penggunaannya.