Istilah Tutup Mulut dalam Ungkapan Bahasa Inggris

tutup mulut

Lagi-lagi, anggota tubuh dijadikan sebagai perumpamaan dalam suatu ungkapan. Kali ini kita akan membahas tentang istilah ‘tutup mulut’. Tentu ungkapan tersebut sudah sangat familiar ditelinga kita yang sehari-hari berbahasa Indonesia. Istilah ‘tutup mulut’ bukan berarti menutup mulut secara harfiah melainkan untuk tidak berbicara. Mulut adalah anggota tubuh yang memiliki fungsi untuk berbicara dan mengungkapkan suatu hal. Maka ketika seseorang tidak ingin mengungkapkan sesuatu lewat kata-kata maka ia sedang tutup mulut. Begitupun ketika seseorang menyuruh kita untuk tutup mulut itu berarti kita tidak diharapkan untuk berbicara atau mengungkapkan rahasia. Berikut contohnya dalam kalimat:

Ketika polisi menginterogasinya, penjahat itu hanya tutup mulut. Itu membuat polisi kesal karena kasus akan lebih terhambat.

Jika kita ingin menyebutkan istilah ‘tutup mulut’ namun dalam bahasa Inggris, maka idiom yang tepat untuk digunakan adalah ‘seal one’s lips’ atau ‘seal the lips’. Seal biasanya diperuntukkan untuk barang misalnya ‘seal the plastic bag’ yang artinya menutup rapat atau menguci tas plastik maksudnya agar isi yang ada didalamnya tidak tumpah. Sedangkan dalam idiom ‘seal the lips’ maka yang ditutup rapat atau dikunci adalah mulut sehingga tidak keluar kata-kata yang dapat mengungkapkan suatu hal seperti misalnya rahasia. Berikut contoh kalimatnya:

  • I will tell you my secret but you have to promise me that you will seal your lips forever.
    (aku akan menceritakan rahasiaku tapi kamu harus berjanji untuk tutup mulut selamanya.)
  • During the interview, she just sealed her lips. It made the interviewer frustrated and at the end she was kicked out from the forum.
    (selama interview, dia hanya tutup mulut. Itu membuat pewawancara kesal dan akhirnya dia diusir dari forum.)
  • Seal your lips or else I will tell everyone that you have a secret as well!
    (Tutup mulutmu kalau tidak aku akan katakan pada semuana bahwa kamu juga punya rahasia!)
  • After receiving this money, I hope you will seal your lips.
    (Setelah menerima uang ini, aku harap kamu akan tutup mulut.)