Contoh Percakapan Dokter dan Pasien dalam Bahasa Inggris

tanya jawab
Percakapan antara dokter dan pasien

Sobat CBBI, pernahkah Anda pergi ke dokter? Percakapan dengan dokter berkisar tentang keadaan kita, gejala penyakit, dan menjelaskan kondisi tubuh saat ini.

Jadi, jika kita hendak berbicara dengan dokter dalam bahasa Inggris, kita harus bisa menjelaskan kondisi tubuh dan gejala penyakit kita pada dokter, supaya dokter bisa mendiagnosis kita dengan lebih baik.

Kosakata untuk Percakapan dengan Dokter

Dalam percakapan bahasa Inggris dengan dokter, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk menjelaskan kondisi kita. Yang perlu dilakukan hanyalah membuat kalimat mudah dengan menggunakan kata-kata umum untuk menjelaskan kondisi medis atau penyakit tertentu. Misalnya:

  • I have…(saya punya) + nama penyakit atau gejala.

Contoh: I have heart/lung/kidney condition (saya punya kondisi jantung/paru-paru/ginjal), I have diabetes (saya punya diabetes), I have ulcer (saya punya maag), I have pimpled skin (saya punya kulit berjerawat), I have fever (saya demam), I have headache (saya sakit kepala), I have stomachache (saya sakit perut), I have toothache (saya sakit gigi).

  • I am… + gejala.

Contoh: I am nauseous (saya mual), I am cold (saya kedinginan), I am dizzy (saya pusing), I am in pain (saya kesakitan), I am shivering (saya gemetaran/menggigil).

Dalam percakapan bahasa Inggris dengan dokter, sebenarnya masih banyak kosakata yang harus dihapalkan, tapi untuk sekarang, silakan pelajari dulu yang ada di sini.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Dokter 1

Berikut adalah contoh percakapan antara seorang dokter umum dan pasien yang mengeluhkan gejala-gejala mirip maag:

Doctor: Hello, have a seat. (Halo, silakan duduk).

Patient: Thank you (terima kasih).

Doctor: So what seems to be the problem? (Jadi apa keluhan Anda?).

Patient: Lately, I feel nauseous, especially at night and around the afternoon. Sometimes, I also vomit. My stomach also feels bloated (Akhir-akhir ini, saya merasa mual, terutama saat malam dan sekitar siang hari. Kadang-kadang, saya juga mintah. Perut saya juga terasa kembung).

Doctor: Do you feel pain in the stomach? (Apakah Anda merasa sakit di perut?).

Patient: Sometimes (kadang-kadang).

Doctor: How long have you had these symptoms? (Sudah berapa lama Anda memiliki gejala-gejala ini?).

Patient: About a week, and they are very annoying (Sekitar seminggu, dan mereka sangat mengganggu).

Doctor: Do you have ulcer before? (Apakah Anda punya maag sebelumnya?).

Patient: No (Tidak).

Doctor: Do you drink coffee? Eat spicy foods? (Apakah Anda minum kopi? Makan makanan pedas?).

Patient: I drink coffee every morning, and I like spicy foods (Saya minum kopi setiap pagi, dan saya suka makanan pedas).

Doctor: I think you have ulcer symptoms. I will prescribe you some medications, and you must stop coffee and spicy foods for a while (Saya pikir Anda punya gejala maag. Saya akan resepkan beberapa obat, dan Anda harus menghentikan kopi dan makanan pedas untuk sementara).

Patient: Can I still drink tea? (Bisakah saya minum teh?).

Doctor: Yes, you can drink green tea, milk, and fresh juice. Cut down coffee, soda, and alcohol. Water is the best drink, of course (Ya, Anda bisa minum teh hijau, susu, dan jus segar. Kurangi kopi, soda dan alkohol. Air putih adalah minuman terbaik, tentu saja).

Patient: Okay, thank you (Baiklah, terima kasih).

Kosakata penting: symptom (gejala), pain (rasa sakit), prescribe (meresepkan), for a while (untuk sementara).

Contoh Percakapan Bahasa Inggris dengan Dokter 2

Berikut ini adalah contoh yang lebih spesifik, yaitu percakapan antara pasien kecelakaan yang dirawat di rumah sakit dengan dokter yang merawatnya:

Doctor: Hello, how are you today? (Halo, bagaimana kabar Anda hari ini?)

Patient: I feel better than yesterday (Saya merasa lebih baik daripada kemarin)

Doctor: Do you still feel pain? (Apakah Anda masih merasa sakit?)

Patient: Yes, my head still hurts a little bit, and I have headache. But my leg is better (Ya, kepala saya masih sakit sedikit, dan saya sakit kepala. Tapi kaki saya lebih baik)

Doctor: What about your eyes? Can you see clearly? (Bagaimana dengan mata Anda? Apakah Anda bisa melihat dengan jelas?)

Patient: My eyes were a little bit blurry yesterday, but they are fine now (Mata saya sedikit kabur kemarin, tetapi baik-baik saja hari ini).

Doctor: Good, I will give you painkiller later. I will check on you again (Bagus, saya akan memberi Anda obat penghilang rasa sakit. Saya akan memeriksa Anda lagi nanti)

Kosakata penting: blurry (kabur, tidak jelas), painkiller (obat penghilang rasa sakit)

Jika Anda jarang sakit, selamat! Akan tetapi, jika Anda harus pergi ke dokter, kepandaian bercakap-cakap dalam bahasa Inggris sangat penting jika akan menjelaskan gejala penyakit dan kondisi dalam bahasa tersebut. Tips terbaik untuk menguasai percakapan bahasa Inggris dengan dokter adalah mencari daftar kosakata gejala dan kondisi yang sering atau kerap menimpa Anda, sehingga mudah diingat dan bisa cepat digambarkan pada dokter.

Category: Conversation