Contoh Percakapan di Telepon dalam Bahasa Inggris

menelepon
Seorang wanita sedang menelepon seseorang

Sobat carabisabahasainggris.com, Anda semuanya pasti pernah menelepon seseorang, bukan? Pernahkah Anda menelepon dalam bahasa Inggris? Apakah itu untuk keperluan resmi, menanyakan sesuatu kepada suatu jasa layanan atau toko, ataupun mengobrol biasa, menelepon adalah kegiatan yang penting, terutama jika Anda orang sibuk atau punya banyak kenalan. Jika Anda bekerja di perusahaan asing, atau punya rekan kerja atau pelanggan orang asing, atau baru pindah ke luar negeri, belajar menelepon dalam bahasa Inggris sangat penting.

Walaupun pembicaraan di telepon bisa bermacam-macam, tatakrama bertelepon biasanya cukup standar. Asal Anda sudah menguasai cara standar membuat kalimat, sopan santun di telepon cukup mudah dipelajari. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh percakapan di telepon.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Telepon 1

Berikut ini adalah contoh percakapan bahasa Inggris di telepon dimana Ben menelepon ke rumah Susy, tetapi yang mengangkat adalah orang lain, sehingga Ben menitipkan pesan untuk disampaikan pada Susy.

Telephone rings (Telepon bordering).

Suzy’s father: Hello? (Halo?).

Ben: Hello, can I talk to Suzy, please? (Halo, bisakah saya bicara dengan Suzy?).

Suzy’s father: Who is this? (Siapa ini?).

Ben: I’m her friend from school, Ben. I want to talk about our homework (Saya temannya dari sekolah, Ben. Saya mau bicara tentang PR kami).

Suzy’s Father: I’m sorry, Suzy is out now. She is shopping with her mother. Can I take your message? (Maaf, Suzy sedang keluar sekarang. Dia sedang belanja dengan ibunya. Ada pesan?).

Ben: Please tell her I have the book we need to finish the geography homework. She said she wants to borrow that book (Tolong bilang padanya saya punya buku yang kami perlukan untuk menyelesaikan PR geografi. Dia bilang dia mau meminjam buku itu).

Suzy’s father: Okay, I’ll tell her (Oke, saya akan beritahu dia).

Ben: Thank you, sir (terima kasih, pak).

Percakapan di atas cukup mudah; ekspresi standar yang dipakai adalah hello, can I talk to… (nama orang yang dicari)., who is this (siapa ini)., dan can I take your message? (ada pesan?). Ketika ekspresi ini sangat umum digunakan dalam berbagai percakapan di telepon. Cobalah mengulang percakapan di atas tetapi dengan orang yang Anda kenal.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris di Telepon 2

Dalam contoh berikut ini, percakapannya terdengar sedikit lebih resmi. Will, seorang pemilik bisnis, menelepon dalam bahasa Inggris kepada Sandra, calon rekan bisnisnya, dan mereka membuat janji untuk mengadakan pertemuan bersama.

Will: Hello, good morning, Sandra. (Halo, selamat pagi, Sandra).

Sandra: Good morning, Will. What can I do for you? (Selamat pagi Will. Apa yang bisa kubantu?).

Will: I want to discuss about the possibility of doing overseas project. Can we meet to discuss this? (Aku ingin berdiskusi tentang kemungkinan melakukan proyek luar negeri. Bisakah kita bertemu untuk mendiskusikan ini?).

Sandra: That sounds good. How about a lunch meeting? We can meet at the French restaurant in downtown. (Kedengarannya bagus. Bagaimana dengan pertemuan makan siang? Kita bisa bertemu di restoran Prancis di tengah kota).

Will: Alright. How about at 11.30 PM? (Baiklah. Bagaimana kalau pukul 11.30 siang?).

Sandra: Okay. I will call you if there is change in the plan. Anything else, Will? (Oke. Aku akan meneleponmu jika ada perubahan rencana. Ada lagi, Will?).

Will: No, we can talk again tomorrow afternoon. Thank you for agreeing to meet me, Sandra. See you tomorrow. Good bye. (Tidak, kita bisa bicara lagi besok siang. Terima kasih karena setuju untuk menemuiku, Sandra. Sampai ketemu besok. Selamat tinggal).

Sandra: Good bye. (Selamat tinggal).

Percakapan ini tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, namun ada sedikit penekanan pada percakapan agar terdengar sopan, seperti menggunakan ekspresi good morning, atau menggunakan what can I do for you untuk menanyakan urusan.

Ekspresi untuk Percakapan Bahasa Inggris di Telepon

Ada banyak hal yang bisa dibicarakan di telepon, tetapi secara umum, percakapan bahasa Inggris di telepon biasanya dilakukan dengan menggunakan beberapa ekspresi umum, seperti:

  • Hello (halo)./Hi (hai).
  • May I talk to…? (Boleh saya bicara dengan…?).
  • Can I talk to…? (Bisakah saya bicara dengan…?).
  • I would like to talk to…, please (Saya ingin bicara dengan…, tolong).
  • I’m sorry,… is not here. May I take your message? (Maaf, … tidak ada di sini. Boleh saya catat pesan Anda?).
  • I’m sorry,… is in a meeting now. Would you like to give a message? (Maaf,… sedang rapat sekarang. Apakah Anda ingin menyampaikan pesan?).
  • I will tell him/her that you called (Saya akan bilang padanya bahwa Anda menelepon).
  • Thanks for calling me (Terima kasih sudah menelepon saya).

Berbicara di telepon adalah salah satu kemampuan yang sebaiknya dipelajari saat belajar bahasa asing. Percakapan bahasa Inggris di telepon sangat mudah jika sudah dikuasai; cobalah menggunakan kata-kata di atas untuk membuat dialog Anda sendiri.

Category: Conversation