Contoh Dialog Bahasa Inggris Berkunjung Ke Dokter Gigi Beserta Artinya

menerangkan
Dialog Bahasa Inggris Berkunjung Ke Dokter Gigi

Sue, a student of Harvard high school is now having problem in dealing with her teeth and mouth breath. People complain about this problem, especially when she talks to friends or others. this morning, she found the plaque in her teeth and she directly plans to visit her personal dentist in Augusta hospital.

  • Sue: Hello, Dr. Moore, good morning
    Moore: Good morning, Sue. What can I do for you? What is wrong with your teeth? Something goes wrong lately?
    Sue: Correct. I want to see you because I need to do dental check up and make sure that all my teeth are healthy now. But, when I was mirroring, I saw a small plaque in the gap of my wisdom teeth and it bothers me a lot. I also experience of bad breath so that people who sit beside me always closed their nose tightly and complain about my mouth.
    Moore: If it is the problem, do sit down and I am going to remove all the plaque so that things will go right and you will have fresh breath. I am sure that you rarely do dental check up in every 6 months and that is the reason why people complain about your breath.
    Sue: You are right. It has been long time for me not to visit you after my last visit in March, 2011. But, will it be painful when you performing plaque removal?
    Moore: No, don’t worry it will not be painful at all. Just relax. It just takes around 10 minutes and your problem will gone.

10 minutes later

  • Moore: Well, it’s all done. You can mirror and see that your teeth are now clean and there’s no plaque that bother your smile and cause the discomfort when talking with others.
    Sue: Wow! Fantastic, I feel something different and it is much better than before.
    Moore: Yep, you are right. To take a good care of the mouth breath, you can have a home remedies from the betel leaf soaked with warm water. You can gurgle with it twice a day and this helps you to have fresh breath.
    Sue: Okay, doc. Thank you for giving me hand
    Moore: No problem, Sue.

Contoh di atas merupakan salah satu percakapan yang erring kali ditemukan pada tempat praktek dokter gigi. Percakapan berbahasa Inggris tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan terjemahan berikut ini :

Sue, seorang murid di skolah Harvard sedang mengalami masalah terkait dengan gigi serta bau mulut. Banyak orang yang mengeluhkan tentang hal ii khususnya mereka yang berbicara dengan dirinya ataupun teman-temannya. Pagi ini, dia menemukan plak yang ada di giginya dan dia segera menmui dokter gigi langganannya yang ada di rumah sakit Agusta.

  • Sue: Halo, Dr. Moore. Selamat pagi
    Moore: Selamat pagi, Sue. Apa yang bisa saya lakukan untukmu? Apakah ada suatu permsalahan dengan gigimu? Apakah ada hal yang salah akhir-akhir ini?
    Sue: Benar. Saya ingin menemuimu karena saya ingin melakukan pemeriksaan gigi dan memastikan jika semua gigiku dalam keadaan yang sehat. Namun, ketika aku sedang bercermin, aku melihat suatu plak yang ada pada sela-sela gigiku dan tentunya ini sangatlah menggangguku. Aku juga mengalami suatu masalah dengan pernafasan yang sangat bau sehingga orang-orang yang duduk di sekitarku akan selalu menutup hidungnya dan mengeluhkan tentang masalah bau mulut.
    Moore: Jika permasalahannya semacam ini, maka silahkan duduk dan aku akan mencoba untuk menghilangkan plak gigi sehingga semuanya akan menjadi lebih baik termasuk kamu juga akan memiliki bau mulut yang segar. Aku yakin bahwa kamu sangat jarang untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang mengeluhkan masalah pernafasanmu yang bau.
    Sue: Kau benar, dokter. Sudah lama aku tidak mengunjungimu setelah kunjungan terakhirku di bulan Maret, 2011. Namun, akankah penghilangan plak gigi akan begitu sakit?
    Moore: Tidak, jangan khawatir sebab hal ini tidak akan sakit sama sekali. Bersantailah, ini hanya membutuhkan 10 menit dan permasalahanmu akan segera berakhir

10 menit kemudian

  • Moore: Baiklah, semua sudah selesai. Kamu bisa berkaca dan lihatlah gigimu saat ini sangat bersih dan tidak ada lagi plak yang akan mengganggu senyummu dan munculnya gangguan saat kamu berbicara dengan orang lain.
    Sue: Wow! Keren. Aku merasa bahwa ada suatu hal yang berbeda dan hal ini lebih baik dari sebelumnya.
    Moore: Ya. Kamu benar. Untuk menjaga bau mulutmu, maka kamu bisa membuat ramuan tradisional yang terbuat dari bahan daun sirih yang direndam dalam air hangat. Kamu bisa berkumur dengan air tersebut dua kali sehari sehingga nafasmu akan kembali segar
    Sue: Ok, dok. Terimakasih telah membantuku
    Moore: Sama-sama sue.

Category: Conversation