Contoh Conversation ‘di Restoran’ dalam Bahasa Inggris dan Artinya

restoran,pelayan

Bagi anda yang akan berencana untuk pergi ke luar negeri, salah satu persyaratan yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah kemampuan bahasa inggris. Kemampuan bahasa inggris ada beragam dan salah satu yang paling vital adalah kemampuan bicara (speaking) karena ini digunakan sebagai alat komunikasi. Tanpa kemampuan yang baik dalam speaking, maka sudah dapat dipastikan anda akan kesulitan saat disana. Semuanya akan serba terhambat karena ketidakmampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Nah, sebelum hal buruk itu terjadi, maka sudah sebaiknya sejak dini anda mempelajari bahasa inggris secara komprehensif dan jika perlu jadikan komunikasi bahasa inggris sebagai kebiasaan atau way of life.

Dalam belajar bahasa inggris, memang ada banyak sekali metode dan cara yang bisa dilakukan dari mulai baca buku, nonton film, dengerin lagu berbahasa inggris, chatting dengan orang native dan yang lainnya. Akan tetapi, ada saran yang sangat penting untuk anda jalankan dalam proses belajar anda tersebut yakni dengan belajar bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan. Karena seperti dijelaskan diatas bahwa kebutuhan utama itu adalah speaking, maka sudah seharusnya melatihnya dengan beberapa metode yang berhubungan dengan speaking. Praktek langsung bisa menjadi cara yang paling tepat dan bisa membantu mempercepat kemampuan anda. Namun demikian, sebelum menginjak pada praktek langsung, ada baiknya jika anda pelajari dulu conversation.

Kenapa Harus Conversation?

Ketika anda bertanya kenapa harus mempelajari conversation, maka jawabannya ada beragam jenis bergantung pada apa dan bagaimana anda melihatnya. Secara mendasar, kita tahu bahwa untuk bisa berkomunikasi, kita harus bisa memiliki pemahaman tentang beberapa hal yang harus dibicarakan. Hal itu akan berhubungan dengan beberapa hal termasuk kapan kita berbicara, dimana kita berbicara dan dengan siapa kita berbicara. Semuanya sangat berpengaruh pada kondisi dan bagaimana kita harus berkomunikasi. Nah, untuk menyiasatinya, maka cara terbaik adalah sejak dini mempelari beragam jenis conversation dalam berbagai tipe dan kebutuhan yang mungkin nanti dibutuhkan saat kita berada di negara orang itu.

Contoh Conversation di Restoran

Salah satu conversation yang mungkin memang perlu untuk kita ketahui dan pelajari dengan baik adalah percakapan pada saat berada di restoran. Saat kita pergi ke luar negeri baik itu untuk menetap beberapa bulan/tahun, atau hanya sekedar liburan, pastinya kita akan menyempatkan pergi ke restoran. Nah, maka dari itu sudah seharusnya dan sepatutnya memang untuk kita bisa mempelajari dan menguasai bagaimana percakapan yang biasa terjadi di restoran dengan menggunakan bahasa inggris. Dengan mengetahui hal itu, kita tidak akan kesulitan saat akan memesan makanan, ngobrol sama pengunjung lain, atau beberaa hal lainnya. Berikut, percakapan bahasa inggris di restoran beserta artinya:

1. Making A Reservation (Membuat reservasi/booking tempat)

Karena biasanya ada banyak restoran yang padat pengunjung, maka diharuskan untuk pengunjung melakukan reservasi beberapa hari sebelumnya. Reservasi ini dilakukan agar kita bisa sudah memiliki tempat duduk sebelum pergi ke lokasi restoran tersebut. Berikut ini, contoh yang bisa dilakukan saat melakukan reservasi:

Smith : Hallo, I would like to make a reservation for 2 people. (Hallo, saya ingin membuat reservasi untuk dua orang?

Waiters : What time would you like? (Kapan waktunya?)

Smith : On Friday night, 8:00 (Hari Jum’at pukul 08.00)

Waiters : Ok, we don't have other reservations at 8:00 (Oke, kebetulan jam sekian kami tidak ada reservasi lain)

Smith : Yes, that's right (Ya, Baiklah)

Waiters : Your name, please? (Maaf, dengan bapa siapa ya?)

Smith : Smith Edward (Nama saya Smith Edward)

Waiters : Ok, We'll see you on Friday at 08:00. Any other may I Help? (Oke, sampai jumpa hari jumat jam 08.00, ada hal lain lagi yang bisa saya bantu?

Smith : No, Thank you. Bye. (Tidak, terima kasih, bye)

Waiters : Bye (bye)

2. Conversation in the Restaurant (Percakapan saat Tiba di Restoran/tanpa Reservasi)

Sama dengan di indonesia, ada banyak juga restoran yang tidak perlu dilakukan terlebih dahulu reservasi. Jika tidak dilakukan reservasi, maka yang harus kita lakukan adalah melakukan percakapan langsung dengan pihak pelayan restoran tersebut. Nah, pada umumnya percakapan tersebut adalah seperti dibawah ini:

Waiter : Hello, Can I help you? (Hallo, ada yang bisa saya bantu?)

Jack : Please, a table for two (Tolong, satu meja untuk dua orang)

Waiter : Let’s come this way! (Mari lewat sini)

Jack : (After arrived in the table) Yes, I'd like to have some dinner (Ya, saya perlu sesuatu /makanan untuk makan malam)

Waiter : This is our menus? (Ini menu Kami(sambil menunjukan daftar menu))

Jack : Ok, for starter, I'd like two bowl of chicken soup, please (Ok, untuk makanan pembuka saya mau dua mangkok sop ayam)

Waiter : And then, what would you like for a main? (Lalu, apa untuk menu utamanya?)

Jack : I'd like a Hamburger deluxe for me, and Grilled Cheese for my wife. (Saya ingin satu Hamburger deluxe untuk saya dan Grilled Cheese untuk istri saya)

Waiter : Would you like anything to drink? (Bagaimana dengan minumannya?)

Jack : Yes, I'd like two glasses of soft drink, please. (Tolong dua gelas soft drink saja)

Waiter : Can I take you anything else? (Ada yang lainnya?)

Jack : No thanks. Just the bill, please. (Tidak, terima kasih!, Tolong Bill tagihannya saja!)

Waiter : Sure. (Baiklah)

Jack : Sory, How much is the dinner? (Maaf, berapa total dinner-nya?)

Waiter : That's $9.75. (Totalnya 9.75 dollar)

Jack : Here you are. (Ini Mbak)

Waiter : Thank you very much. (Terima Kasih banyak)

Jack : You're welcome. (sama-sama)

Waiter : Have a good night! (Semoga malam anda menyenangkan)

Jack : Thanks. (Terima Kasih)

Tips dan Trik

Sebetulnya bagi anda yang masih pemula, ada beberapa trik lain yang bisa anda lakukan dan terapkan pada saat pergi ke restoran. Anda bisa coba terlebih dahulu pergi ke restoran dengan teman atau kerabat anda yang memang sudah pernah atau bahkan sering pergi kesana. Dari situ, anda bisa mempelajari apa yang dilakukan. Jika memang terpaksa harus pergi ke restoran tanpa pengalaman sebelumnya, maka teknik paling baik yang bisa anda lakukan adalah dengan meminta daftar menu, “Can I see the menu please?” Dengan melihat daftar menu, anda hanya perlu menunjukan makanan yang mana yang akan anda pilih untuk order. Atau untuk lebih mudahnya, anda tinggal katakan “I'm ready to order........." atau "I'd like to order .........”.

Pergi ke luar negeri memang harus dibekali dengan kemampuan bahasa inggris karena itu adalah bahasa internasional. Nah, beberapa percakapan diatas semoga bisa membantu anda dan siapa saja yang akan pergi ke luar negeri dan berkesempatan untuk makan di restoran. Semoga bisa membantu dan memberi referensi!

Category: Conversation