Contoh Conversation ‘Di Bandara’ dalam Bahasa Inggris dan Artinya

bandara,airport

Saat kita akan berpergian ke atau di luar negeri menggunakan pesawat terbang, maka biasanya kita akan dihadapkan pada beberapa proses yang harus dilewati pada saat berangkat. Proses tersebut baik meliputi pada saat akan berangkat ataupun saat tiba di bandar tujuan. Biasanya kita akan memasuki pintu pemeriksaan dan akan ditanya dengan beragam pertanyaan umum yang sudah menjadi prosedur bandara di negara tersebut. Nah, pastinya bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris karena itu adalah bahasa internasional yang diketahui oleh banyak orang di dunia ini. Maka dari itu, sudah sebaiknya dan seharusnya untuk kita mengetahui dengan seksama beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

Selain perlu untuk mengetahui apa saja yang ditanyakan, sebaiknya kita juga tahu beberapa ekpresi jawaban yang akan kita berikan sebagai respon atas pertanyaan tersebut. Apabila kuta belum terbiasa pergi ke luar negeri, mungkin kita akan mendapatkan kesulitan saat memasuki bandar internasional tersebut. Akan tetapi bagi mereka yang sudah sering, ini sudah menjadi hal yang biasa dan mereka juga tahu apa yang harus dilakukan saat di bandar itu. Disamping itu, bagi anda yang berencana untuk bekerja di bandara, sepertinya kemampuan komunikasi bahasa inggris dengan conversation khusus tentang yang biasa terjadi di bandara adalah hal yang wajib untuk dipelajari dan dipahami.

Bagaimana Belajar Conversation Bahasa Inggris?

Mungkin ada sebagian dari anda yang masih kebingungan bagaimana cara belajar percakapan bahasa inggris dengan mudah. Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka kita bisa melihatnya dari beberapa sisi dan kebutuhan sehingga ditemukan metode yang paling cocok dan tepat. Ada beberapa metode yang cukup baik dan layak untuk dilakukan. Hal itu tentu berdasarkan pada kebutuhan akan yaitu kemampuan speaking yang matang dan mumpuni. Kemampuan tersebut bisa diasah dengan beberapa metode khusus seperti dengan banyak membaca conversation, melihat video, dan praktek langsung bersama teman-teman. Hal itu dilakukan agar apa yang sudah dipelajari bisa dipahami dengan sangat baik.

Contoh Conversation di Bandara

Nah, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mempelajari contoh dari percakapan bahasa inggris di bandara. Hal ini sebagai salah satu modal dasar agar kita bisa tahu kata, frase dan ekpresi apa yang harus diucapkan saat berada di bandara. Dengan mempelajari beberapa contoh percakapan yang ada, maka kemudian diharapkan ini bisa menjadi modal untuk kita bisa lebih lancar dalam conversation kita saat di bandara.

1. Conversation at the Airport before Flight (percakapan sebelum terbang)

Percakapan ini biasanya dilakukan saat kita tiba di bandara dan akan naik pesawat. Percakapan ini biasanya dilakukan antara penumpang beserta resepsionis menanyakan beberapa informasi seperti tentang kesiapan pesawat yang akan berangkat. Selain itu, ada beberapa hal lain juga yang biasanya perlu ditanyakan ke resepsionis sehingga kemudian tidak ada kesalahan setelah anda tiba di bandar tersebut, termasuk menanyakan apakah ada delay atau tidak. Berikut contoh conversation-nya:

Passenger : Hello, Good Morning (Hallo, selamat pagi!)

Receptionist : Yes, can I help you? (Ya, ada yang bisa saya bantu?)

Passenger : Has Garuda Airlines landed? (Apakah pesawat Garuda telah mendarat)

Receptionist : It is the time yet, sir/mrs (Ini belum waktunya, mbak/ mas)

Passenger : When will it land? (Lalu kapan?)

Receptionist : You can wait about 2 hours for the landing. (Anda bisa menunggu sekitar 2 jam lagi)

Passenger : O! Certainly, still long to wait. (Oh, ternyata masih lama ya)

Receptionist : Yes, now, you can stay in the waiting room. Have you sent your luggage for weighting and checking? (Ya, sekarang anda bisa langsung saja masuk ke ruang tunggu. Apakah bagasi anda telah ditimbang dan di cek?)

Passenger : No, I do not have more goods to bring. (Tidak, saya tidak bawa brang banyak ko)

Receptionist : I’m sorry, but we have to check it first. This is the rule here. (Maaf, tapi kami harus mengeceknya terlebih dahulu. Ini sudah menjadi aturan disini)

Passenger : Where have I to go then? (Lalu, harus pergi kemana sekarang)

Receptionist : Just to the left side room. (Silahkan ke ruangan di sebelah kiri)

Passenger : Thank you. (Terima kasih)

Receptionist : You’re welcome, Have a fun flight! (Sama-sama, semoga penerbangannya menyenangkan!)

2. Conversation at the Security Gate (Percakapan di Pintu pengamanan)

Percakapan selanjutnya sebelum masuk ke ruang tunggu, biasanya kita harus memasuki pintu pengamanan terlebih dahulu. Dalam percakapan dengan penjaga pintu tersebut biasanya penjaga akan bertanya beberapa hal kelengkapan termasuk ID card dan juga ticket baik yang sudah dicetak atau yang dalam berbentu elektronik.

Security Agent : Sorry. Can I see your ID card and the ticket, please? (Maaf, bisa saya lihat kartu identitas dan tiketnya?)

Passenger : Sure. Here's my ID card and e-ticket (Tentu, ini kartu pengenal dan tiket elektronik saya)

Security Agent : Thank you. You may proceed to the check-in board (Terima kasih, anda bisa proses lebih lanjut di loket check-in)

3. Conversation at the Check in Board (Percakapan di Loket Check-in)

Percakapan selanjutnya yang perlu dilewati saat akan masuk ke pesawat adalah menuju loket check-in. Di loket ini, anda akan melalui proses pengecekan terlebih dahulu sebelum kemudian bisa pergi ke ruang tunggu (waiting room).

Agent : Good Morning. Welcome to Garuda Airlines. Give me your ticket and ID, please!. (Selamat pagi, selamat datang di Garuda Airlines, Tolong berikan saya, tiket dan identitas anda!)

Passenger : Ok, Here these are, (Oke, ini tiket dan ID-nya)

Agent : Thank you. Do you have any baggage? (Terima kasih, apakah anda mempunyai barang bawaan bgasi?)

Passenger : Yes, I have one. (Ya, saya mempunyai satu koper)

Agent : Okay. Here's a security tag for your cabin-baggage please attach the anything to your bag. (Oke, ini adalah alat pemeriksa keamanan kabin, tolong masukan beberapa barang ke tas untuk dilakukan pengecekan)

Passenger : Ok, Thank you. (Oke, terima kasih)

Itulah kiranya beberapa percakapan yang biasa dilakukan pada saat kita ada di bandara baik itu ketika check-in ataupun juga check out. Semua itu sudah menjadi prosedur yang memang harus diikuti oleh setiap penumpang demi keamanan dan kenyamanan bersama. Terkadang ada beberapa negara yang menerapkan sistem pengecekan yang cukup rumit dan aturan yang berbeda. Namun apa mau dikata semua itu sudah menjadi prosedur dan sebaiknya kita hormati. Hal yang terpenting adalah kita mengetahui apa yang harus dikatakan dan dilakukan saat dilakukan pemeriksaan tersebut nantunya. Maka dari itu kemampuan bahasa inggris menjadi sesuatu hal yang wajib kita miliki agar bisa mendapatkan informasi yang jelas pada saat kita ada di bandara internasional.

Category: Conversation