Contoh Cara Memperkenalkan Teman dalam Bahasa Inggris

perkenalan
Seorang wanita memperkenalkan temannya pada teman prianya

Anda yang sudah pernah belajar bahasa Inggris pasti pernah diajari perkenalan bahasa Inggris. Dalam perkenalan, kita biasanya belajar menyebutkan hal-hal seperti nama, asal, pekerjaan atau aktifitas saat ini, dan sebagainya sesuai situasi. Memperkenalkan diri sangat penting dalam pergaulan, karena menjadi pembuka komunikasi di lingkungan sekitar. Walaupun bahasa asing kita lancar, percuma saja jika orang lain tidak suka berinteraksi dengan kita, bukan?

Selain memperkenalkan diri, kita juga harus tahu cara memperkenalkan orang lain dalam bahasa Inggris, baik dalam situasi resmi maupun santai. Memperkenalkan orang lain berarti kita menghormati orang tersebut dan memperlancar komunikasi, sehingga tidak ada salahnya belajar memperkenalkan orang lain, terutama memperkenalkan teman atau rekan kerja.

Contoh Memperkenalkan dalam Bahasa Inggris 1

Mari kita mulai dengan sesuatu yang mudah; memperkenalkan teman dalam bahasa Inggris di situasi kasual atau santai. Berikut contoh kalimat memperkenalkan dalam bahasa Inggris dimana suasananya cukup santai atau kasual, dimana Anda harus memperkenalkan teman Anda yang sedang berkunjung ke rumah pada orangtua Anda:

You: Mom, Dad, this is my friend Sarah (Ibu, ayah, ini temanku Sarah).

Mom: Hello, Sarah, please come in, how are You? (Halo, Sarah, silakan masuk, apa kabar?).

Sarah: I’m fine, thank You (Saya baik-baik saja, terima kasih).

You: Sarah is my classmate. She sits next to me (Sarah adalah teman sekelasku. Dia duduk di sebelahku).

Dad: Good. Are You close?

You: Yes. She lives two blocks from here. She has big family (Ya. Dia tinggal dua blok dari sini. Dia punya keluarga besar).

Mom: Really? How many siblings do You have, Sarah? (Benarkah? Berapa saudara kandung yang kau miliki, Sarah?).

Sarah: I have two brothers and two sisters (Saya punya dua saudara laki-laki dan dua saudara perempuan).

Mom: Well, enjoy Your time here, Sarah (Baiklah, bersenang-senanglah di sini, Sarah).

Sarah: Thank You (terima kasih).

Kosakata penting: classmate (teman sekelas), sibling (saudara kandung).

Contoh Memperkenalkan dalam Bahasa Inggris 2

Dalam perkenalan bahasa Inggris ini, kita akan melihat seorang manajer memperkenalkan karyawan baru kepada timnya di kantor, sehingga terdengar lebih resmi:

Manager: Everyone, I’d like to introduce You to a new employee, Ben. (Semuanya, aku ingin memperkenalkan kalian pada pegawai baru, Ben).

Ben: Hello, everyone, I’m Ben Harris. (Halo, semua, saya Ben Harris).

Manager: Ben is the new assistant manager for the finance department. He has worked for 5 years at retail marketing. He replaced Laura, who quitted because she got married (Ben adalah asisten manajer baru untuk departemen keuangan. Dia telah bekerja selama 5 tahun di pemasaran grosir. Dia menggantikan Laura, yang berhenti karena menikah).

Ben: I hope we can work together very well (Saya harap kita bisa bekerjasama dengan baik bersama-sama).

Manager: Any question for Ben? (Ada pertanyaan untuk Ben?).

Staff: Where are You from, Ben? (Dari mana asalmu, Ben?).

Ben: I am from Indiana, but I have lived here for 10 years (Saya dari Indiana, tapi saya sudah tinggal di sini selama 10 tahun).

Manager: Anything else? Okay, I think it’s enough. Let’s get back to work (Ada lagi? Baiklah, saya pikir cukup. Mari kembali bekerja).

Penjelasan untuk Memperkenalkan dalam Bahasa Inggris

Sudah melihat contoh di atas? Jika ya, pasti akan terlihat bahwa keduanya sedikit mirip. Memperkenalkan orang lain sebenarnya sama dengan memperkenalkan diri sendiri, namun kita menggunakan gaya bahasa dan kata ganti yang sedikit berbeda. Anda bisa menggunakan contoh kalimat umum di bawah ini:

  • Gunakan hello atau good morning/good afternoon/salam standar lainnya sebagai pembuka.
  • Gunakan I’d like to introduce + nama orang yang diperkenalkan, jika situasinya resmi atau formal.
  • Gunakan this is + nama orang yang diperkenalkan, jika situasinya lebih santai atau informal. Jika ada lebih dari satu orang yang diperkenalkan, gunakan these are.
  • Ingin menjelaskan lebih lanjut siapa orang tersebut? Gunakan he/she is + my friend, my husband, my wife, my girlfriend/boyfriend, my teacher, my colleague, atau atribut apa saja yang bisa menjelaskan tentang orang tersebut secara singkat. Jika ada lebih dari satu orang yang diperkenalkan, gunakan they are.

Coba lihat dua contoh berikut:

  • Hi, this is Lisa, she is my friend at school (Hai, ini Lisa, dia temanku di sekolah).
  • Good afternoon, I’d like to introduce Mr. Meyer and Ms. Sanders. They are my business partners, and they are responsible for this project (Selamat siang, saya ingin memperkenalkan Tuan Meyer dan Nona Sanders. Mereka rekan bisnis saya, dan mereka bertanggungjawab untuk proyek ini).

Cukup jelas, bukan? Cobalah Anda buat sendiri percakapan bahasa Inggris dengan menggunakan contoh di atas, tetapi dengan nama-nama yang berbeda (bisa diambil dari nama kenalan Anda sendiri). Belajar memperkenalkan dalam Bahasa Inggris bisa bermanfaat untuk kehidupan sosial dan kelancaran pekerjaan Anda.

Category: Conversation