Cara Penggunaan "Who", "Whom" dan "Whose" serta Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris

masak
Contoh penggunaan Who dalam kalimat bahasa Inggris

Apakah kamu sudah pernah dengar tentang relative pronoun? Kalau belum, pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang relative pronoun. Apa si relative pronoun itu? Relative pronoun merupakan pronoun yang mengacu kepada noun yang berada sebelumrelative pronoun yang digunakan tersebut. Biasanya, relative pronoun berfungsi untuk mengawali adjective clause atau relative clause.

Lalu, apa saja anggota dari relative pronoun? Anggota dari relative pronoun ada lima, yaitu who, whom, whose, which dan that.Who dan whom biasanya digunakan untuk person (orang). Relative pronoun which digunakan untuk thing (benda) sedangkan relative pronoun lain, that dan whose, bisa digunakan untuk benda maupun orang. Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar tentang who, whom dan whose terlebih dahulu.

Penggunaan “Who”

Who merupakan salah satu relative pronoun yang digunakan untuk katagori person. Who digunakan untuk menambah informasi dari suatu noun. Arti dari who itu sendiri adalah yang.

Contoh:

  • The boy who won the prize is one of my students in Gadjah Mada University. (laki-laki yang memenangkan hadiah itu adalah salah satu teman kampusku di Universitas Gadjah Mada).
  • It is my husband who does cooking for me every morning. (adalah suamiku yang selalu memasak untukku setiap pagi).
  • I shouted to the man who took my book. (aku berteriak kepada pria yang mengambil bukuku).

Dari ketiga contoh diatas, kata who selalu diikuti oleh verb (kata kerja) baik bentuk past maupun present dalam tenses. Jika kamu ingin menggunakan relative pronoun who, jangan lupa untuk memilih kata benda berupa person dan pakailah verb setelah katawho.

Contoh Penggunaan “whom”

Relative pronoun whom harus diikuti oleh noun berupa person, sama seperti relative pronoun who. Artinya pun sama, yaitu yang. Perbedaan antara relative pronoun who dan whom adalah kata setelahnya. Jika who harus diikuti verb, maka whom harus diikuti subject.

Contoh:

  • Mr Brian Jack whom everyone likes becomes the head teacher in Oxford university. (pak Brian Jack yang disukai oleh semua orang adalah kepala sekolah di universitas Oxford).
  • The man whom I met last night is my little brother. (pria yang kutemui tadi malam adalah adik laki-lakiku).
  • The girl whom I always kiss has already passed away a minute ago. (gadis yang selalu kucium telah meninggal semenit yang lalu).

Dari ketiga contoh kalimat tersebut, semua relative pronoun whom selalu memakai subject berupa person.

Contoh Penggunaan “Whose”

Whose merupakan satu-satunya relative pronoun yang bermakna possessive. Jika ingin memakai relative pronoun whose, maka kamu harus memakai noun (baik berupa person tau thing) setelahnya. Relative pronoun whose juga memiliki arti yang sama dengan relative pronoun yang lain, yakni yang.

Contoh:

  • The prize goes to the participant whose performance the viewers love best. (hadiah itu jatuh ketangan peserta yang penampilannya paling disukai oleh penonton).
  • We helped people whose car broke down. (kita menolong orang yang mobilnya rusak).
  • The neighbour whose mother I’m looking after is in England. (tetangga yang ibunya kurawat sedang berada di Inggris).

Dalam kalimat nomor satu dan tiga, relative pronoun whom diikuti oleh noun (person), sedangkan kalimat nomor dua diikuti noun(thing).

Sekian penjelasan tentang penjelasan dari relative pronoun who whom and whose. Semoga bermanfaat.

Category: Pronoun