Arti Idiom "Serve a Sentence" dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

ditahan
Pembahasan tentang Idiom Serve a Sentence

Idiom serve a sentence ini masih terhitung asing karena jarang dipergunakan di dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari, baik oleh native speaker ataupun oleh orang Indonesia. Idiom ini hanya dipergunakan dalam keadaan dan konteks tertentu yang tidak setiap hari terjadi.

Hal tersebut dikarenakan arti dari idiom ini sendiri adalah “menjalani hukuman”. Yang dimaksud “hukuman” dalam idiom ini pun cenderung mengarah ke “hukuman” yang ditetapkan oleh hakim sebagai akibat dari tindakan criminal. Oleh karena itu, idiom ini hanya dipergunakan saat situasi semacam itu muncul.

Di dalam tata bahasa, idiom “serve a sentence” ini berfungsi sebagai kata kerja sehingga idiom ini pun dapat berubah-ubah mengikuti jenis kalimat dan tenses yang digunakan, seperti yang terlihat pada contoh-contoh dan penjelasan berikut ini.

Penggunaan idiom serve a sentence pada simple present tense

Pada kalimat simple present tense, idiom serve a sentence tidak mengalami perubahan apapun, kecuali apabila subjeknya berupa orang tunggal. Ketika subjek kalimatnya berupa orang tunggal, maka kata kerja “serve” pun harus ditambah dengan huruf “s” di belakangnya.

Contoh dari penjelasan di atas dapat dilihat pada kalimat:

  • She serves a sentence for the crime she never did”, yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi, “dia menjalani hukuman untuk kesalahan yang tidak pernah dia lakukan”.

Namun, apabila subjek kalimat tersebut adalah “I”, “you”, atau juga lebih dari satu orang, maka tidak ada perubahan apapun pada idiom tersebut. Hal ini dapat dilihat pada contoh:

  • They serve a sentence obediently”, yang artinya “mereka menjalani hukuman dengan patuh”.

Penggunaan idiom serve a sentence pada continuous tense

Lain halnya dengan simple present tense, pada continuous tense, baik present, past ataupun future, kata kerja serve pada idiom serve a sentence diubah ke dalam kata kerja bentuk –ing, sehingga menjadi “serving”.

Penjelasan tersebut di atas dapat dilihat pada contoh kalimat:

  • Don’t worry about me, I am serving a sentence sincerely”, yang dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi “jangan mengkhawatirkan saya, saya menjalani hukuman dengan tulus”.

Begitu pula halnya bila idiom ini terletak pada kalimat past continuous tense sebagaimana pada contoh kalimat:

  • “They worked for me while they were serving a sentence”, yang artinya “mereka bekerja kepada saya sambil menjalani hukuman”.

Penggunaan idiom serve a sentence pada past tense

Di dalam kalimat past tense, kata kerja serve pada idiom serve a sentence haruslah diubah menjadi kata kerja bentuk kedua, yaitu “served” untuk menandakan kejadian tersebut dilakukan di masa lampau.

Contoh dari penggunaan idiom tersebut terdapat pada kalimat:

  • “I served a sentence because of you”, yang di dalam bahasa Indonesia artinya, “saya menjalani hukuman karena kamu”.

Category: Idioms dan Phrase