Arti Idiom "on the Alert" di dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

gempa bumi
Contoh penggunaan Idiom On the Alert dalam sebuah kalimat

Idiom on the alert mungkin sudah tidak asing dan artinya pun mudah ditebak bagi sebagian besar orang. Sehingga dalam memahami idiom ini pun sepertinya tidak akan terlalu membingungkan.

Idiom on the alert ini memiliki arti “waspada” atau “berhati-hati”. Biasanya, idiom ini digunakan ketika di dalam situasi yang cukup genting atau membahayakan, sehingga seseorang diminta untuk berwaspada.

Idiom ini sendiri merupakan adjective atau kata sifat sehingga penggunaannya pun tak luput dari “to be”. Adapun “to be” yang digunakan tergantung pada kalimat apa dan di posisi apa idiom ini digunakan. “To be” tersebut dapat berupa “be”, yang mana bentuk to be paling murni, ataupun to be dalam bentuk lain, sebagaimana di dalam penjelasan berikut ini.

Penggunaan idiom “on the alert” mengikuti “be

To be “be” merupakan bentuk to be yang paling dasar dan murni. To be ini biasanya digunakan ketika idiom on the alert ini digunakan ketika jatuh setelah modal, ketika digunakan pada future atau past future tense, dan juga ketika jatuh setelah “to invinitive”.

Contoh dari penggunaannya sebagaimana yang terdapat pada kalimat:

  • you must be on the alert since that person can appear anytime”, yang apabila diterjemahkan ke dalam Indonesia maka akan menjadi “kamu harus waspada karena orang itu dapat saja muncul kapanpun”.

Contoh lain dari penggunaan idiom ini yang mengikuti “be” ialah:

  • I want you to be on the alert for the pickpockets in that city. They do not hesitate to harm women” yang apabila diterjemahkan ke dalam Indonesia berarti “saya ingin kamu berhati-hati dengan para pencopet di kota itu. Mereka tidak ragu-ragu untuk menyakiti wanita”.

Penggunaan idiom “on the alert” mengikuti to be lain

Bentuk dari to be ini bervarian dan berbeda-beda, tergantung pada kalimat apa dia digunakan dan siapa subjek dari kalimat tersebut. Misalnya pada kalimat simple present tense, to be yang dapat digunakan ada tiga, yaitu “is”, “am”, dan “are”, tergantung siapa yang menjadi subjek kalimat tersebut.

Ketika digunakan pada kalimat simple past tense pun to be yang digunakan ikut berubah menjadi “was”, yang digunakan apabila subjeknya tunggal, dan “were”, yang digunakan apabila subjeknya jamak.

Contoh dari penggunaan idiom on the alert ini pada kalimat simple present tense ialah:

  • everybody is on the alert since that earthquake” yang artinya, “semua orang tengah waspada sejak gempa bumi itu”.

Contoh lain dari idiom ini yang digunakan pada kalimat simple past tense terdapat pada kalimat:

  • she was on the alert when she went to market by alone yesterday” yang artinya “dia berhati-hati ketika pergi ke pasar sendirian kemarin”.