Arti Idiom ”Keep One's Temper” dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

 
menahan marah
Pembahasan tentang Idiom bahasa Inggris Keep One’s Temper

Memang mempelajari idiom sangatlah penting, sebab idiom tersebut pada dasarnya tidak sama dengan makna kalimat ataupun kata yang umum dalam bahasa Inggris. Dengan kata lain, kumpulan kata yang terdiri dari dua atau lebih ini akan memiliki makna yang tidak sesuai dengan kata penyusunnya. Jadi, kumpulan kata tersebut akan memunculkan makna baru.

Salah satu dari banyak idiom adalah idiom “keep one’s temper”. Dalam idiom “keep one’s temper” ini, maka Anda tidak bisa menafsirkan kumpulan kata ini secara satu per satu, sebab akan menjadi aneh. Dalam hal ini, bisa dilihat bahwa idiom “keep one’s temper” jika diartikan menurut makna leksikal adalah keep berarti menjaga, one yang berarti seseorang dan temper merupakan kemarahan. Jadi, jika digabungkan, idiom “keep one’s temper” ini berarti menjaga seseorang dari kemarahan. Terdengar sedikit aneh bukan?

Dalam hal ini, idiom “keep one’s temper” ini bisa diartikan sebagai menahan emosi. Hal inilah yang patut untuk difahami ketika sudah bicara mengenai idiom. Untuk lebih jelasnya terkait dengan idiom “keep one’s temper” ini, maka Anda bisa menyimak beberapa contoh idiom “keep one’s temper” yang disajikan dalam beberapa kalimat di bawah ini.

Contoh penggunaan idiom “keep one’s temper” dalam kalimat bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  • A mother with the child who suffers from psychological disorders such as temper tantrum is supposed to learn how to tame the child when the child is angry like a hell and she is also obliged to teach the child how to keep his temper, so that the anger will not cause any discomforts for his friends who are playing with him at that time.
    (Seorang ibu dengan anak yang menderita gangguan psikologi seperti halnya temper tantrum disarankan untuk belajar bagaimana menenangkan anaknya ketika sedang marah besar dan dia juga harus mengajarkan pada anak bagaimana cara mengendalikan emosi sehingga kemarahannya tidak akan mengakibatkan suatu hal yang tidak menyenangkan pada temannya yang sedang bermain dengannya pada saat itu).
  • The room where my father spends the whole day sitting and doing his works is no longer tidy and neat but it is like a ship wreck because my little brother, Nick successfully gets into my father’s room and I am now thinking how father cannot keep his temper to see his room.
    (Ruangan di mana ayahku menghabiskan waktu sepanjang hari duduk dan bekerja tidak lagi rapi namun berantakan seperti kapal pecah karena saudara lelaki kecilku, Nick telah berhasil masuk dalam ruangan dan saat ini aku memikirkan bagaimana ayahku akan tidak bisa menahan emosi saat melihat ruang kerjanya).