Arti Idiom "Keep An Eye On" dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

Tgl Diperbaharui: 12 Jan 2017
mengawasi
Pembahasan tentang Idiom bahasa Inggris Keep An Eye On

Pada dasarnya banyak sekali contoh idiom yang sering digunakan dalam pembicaraan bahasa Inggris. Namun banyak orang yang belum memahami penggunaan idiom tersebut dengan baik. Salah satu dari sekian banyak idiom yang sering kali muncul dalam pembicaraan bahasa Inggris adalah idiom “keep an eye on”.

 Jenis idiom “keep an eye on” ini memiliki arti yang memang terbilang sangat berbeda ketika diartikan menurut makna leksikal atau menurut kamus yang dalam hal ini idiom “keep an eye on” berarti menjaga mata. Arti idiom “keep an eye on” yang semacam ini tentunya sangat membingungkan dan akan terasa aneh ditelinga.

Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa idiom “keep an eye on” pada hakikatnya memiliki makna mengawasi atau mengamati. Untuk pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan idiom “keep an eye on” ini, maka Anda bisa merujuk pada beberapa contoh kalimat yang memuat idiom “keep an eye on” tersebut. Dengan merujuk pada contoh di bawah ini, maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam memahami penggunaan idiom tersebut.

Contoh penggunaan idiom “keep an eye on” dalam suatu kalimat bahasa Inggris adalah sebagai berikut :

  • My mother told me that she plans to go to market for more than an hour with my father to buy some daily needs because we are running some foods in the kitchen and my father told me that I have to keep an eye on my four-years old-brother, Jim who is now lying on the bed alone with some scattered toys around him.
    (Ibuku mengatakan padaku bahwa dia berencana untuk pergi ke pasar lebih dari satu jam dengan ayahku untuk membeli beberapa bahan kebutuhan sehari-hari karena kita sedang kekurangan bahan makanan di dapur dan ayahku mengatakan bahwa aku harus mengawasi adikku Jim yang berumur empat tahun yang saat ini sedang berbaring di tempat tidur dengan beberapa permainannya yang berserakan di sekitarnya).
  • The old lady living in the nearby market is now sitting on the bench in the verandah to wait for her daughter, Michele who is now studying in the university but Michele has not come out yet so that the old lady keeps an eye on the gate and put the high expectations on seeing her daughter’s face before the dark.
    (Wanita tua yang tinggal di dekat pasar sedang duduk di bangku teras untuk menunggu anak perempuannya, Michele yang sekarang belajar di univeristas namun Michele belum juga muncul sehingga wanita tua itu tetap mengamati pintu gerbang dan sangat berharap untuk melihat anak perempuannya sebelum gelap).